Minggu, 03 Januari 2016

UAS (Take Home) Soal dan Jawaban

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER

SOAL

1. Mengapa Sistem Informasi dan Teknologi Informasi di perlukan oleh suatu organisasi/perusahaan/instansi?
2. Berikan 1 contoh studi kasus (sebutkan objek tempatnya) yang menunjukan bahwa Sistem Informasi dan Teknologi Informasi di perlukan!Jelaskan keunggulan dan kelemahan dengan adanya SI dan TI pada organisasi/perusahaan/instansi tersebut!
3. Jelaskan apa yang kalian pahami tentang sebuah konsep dasar komputer!Berikan 1 contoh penerapannya!
4. Di teknologi di masa yang akan datang, apabila kalian menjadi seorang ahli IT, alat teknologi apa yang kalian rancang dalam bidang pertanian?Jelaskan secara detail cara kerja alat teknologi tersebut!
5. Mengapa Software dan Hardware bisa bekerja sama dalam sebuah komputer?Sementara dilihat dari ciri fisiknya Software dan Hardware bertolak belakang!
6. Mengapa database di butuhkan pada suatu aplikasi?
7. Dalam merakit sebuah komputer, jelaskan tiga kondisi seperti apa saja ketika harus memasang Hardware tambahan pada slot Peripheral?

JAWABAN 
1. Sistem informasi dan Teknologi Informasi sudah tentu sangat diperlukan oleh suatu organisasi karena di zaman sekarang ini segalanya sudah menggunakan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi mulai dari Bidang Pendidikan, Medis, Kantor/Instansi, Perusahaan swasta maupun negeri, dan sebagainya. Saya berkata seperti itu dikarenakan beberapa alasan ini, 
  • Menghemat dalam penyimpanan suatu project berbasis data. Dalam sebuah perusahaan atau instansi biasanya memerlukan arsip-arsip penyimpanan dokumen penting di sebuah instansi. Teknologi Informasi dan Sistem Informasi bisa menjadi pengganti dari lemari-lemari penyimpan berkas, dengan Teknologi Informasi bisa lebih hemat waktu, tempat, dan biaya. 
  • Mendukung Operasi Bisnis. Mulai dari akuntansi sampai dengan penelusuran pesanan pelanggan, sistem informasi menyediakan dukungan bagi manajemen dalam operasi/kegiatan bisnis sehari-hari. 
  • Memperluas jaringan dalam komunikasi. Pada zaman sekarang ini, surat menyurat sudah tidak menjadi alat komunikasi yang efektif. Telepon menjadi pengganti alat komunikasi yang disebut dengan surat.
2. Saya pernah melaksanakan tugas dari sekolah saya kemarin, saya ditempatkan di instansi yaitu di Sekretariat DPRD Kabupaten Sumedang, saya bersama kelompok saya ditugaskan untuk membantu seluruh kegiatan komputerisasi di instansi tersebut, dalam studi kasus yang saya amati dapat disimpulkan bahwa Teknologi Informasi dan Sistem Informasi sangat diperlukan sekali, karena tulis menulis tidak efektif. Satu contoh yaitu dalam sebuah arsip surat masuk dan surat keluar. Dalam arsip ini memerlukan Teknologi Informasi dan Sistem Informasi, buku asrip digantikan dengan sebuah komputer untuk menyimpan arsip surat masuk dan surat keluar. Keunggulannya menurut saya yaitu, efektif dalam segi waktu, tempat, dan ruang. Kelemahannya yaitu tidak semua orang bisa mengoperasikan sebuah komputer.

3. Komputer adalah seperangkat elektronik yang dihubungkan dengan listrik dan berguna untuk membantu pekerjaan manusia agar menjadi lebih mudah, cepat, akurat, praktis, dan efektif. Misalnya dalam menggambar suatu desain arsitektur menjadi lebih mudah dengan menggunakan AUTOCAD. Komputer mempunyai tiga komponen yaitu Hardware, Software, dan Brainware. Yang disbut dengan Hardware yaitu perangkat keras yang bentuknya nyata bisa dilihat dan disentuh yang berfungsi sebagi pendukung dari kinerja komputer, karena tanpa hardware tidak akan ada software. Hardware dibagi menjadi beberapa jenis yaitu Unit masukan/ INPUT misal mouse, keyboard dll, Unit Proses/ Processing Unit yaitu prosesor dan, Unit Keluaran/ Output misal Monitor, Speaker, Printer dll. Software adalah perangkat yang bentuknya tidak nyata atau hanya sebatas dilihat dan didengar saja tepatnya sekumpulan data elektronik yang disimpan didalam subah komputer untuk menjalankan perintah yang dikehendaki oleh Brainware. Brainware adalah komponen yang menggabungkan komponen Perangkat Keras dan Perangkat Lunak, yang menjadi Otak dari kedua komponen tersebut, atau perangkat manusia dan berfungsi juga sebagai pengguna. Brainware terbagi menjadi tiga yaitu Pengguna biasa/User, Operator/Teknisi, Programmer/ Web Design.
4. Teknologi yang akan saya rancang adalah sebuah mesin pembunuh hama. Cara kerjanya yaitu mesin ini berupa sensor yang ditancapkan dengan tiang di tengah-tengah ladang pertanian, sensor ini bekerja sama dengan server yang berada di rumah petani. Sensor akan bekerja secara sinkron dengan alat server yang ada di rumah petani. Sensor akan mendeteksi kondisi ladang apakah ada ancaman hama atau steril dari hama. Jika ada hama, maka sensor akan memberikan pemberitahuan ke server bahwa ada ancaman dari hama, dan server akan menerimanya dan server akan otomatis membunuh hama yang ada di ladang tersebut dengan cara menyiramnya dengan pestisida yang telah dirancang khusus dapat membunuh hama seketika. Komputer server ini berbentuk seperti gadget sehingga dapat dibawa kemana saja. Disaat kita sedang bepergian meninggalkan ladang kita tidak akan khawatir dengan ancaman hama yang merusak tanaman. Karena data yang dikirimkan dari sensor lewat satelit dan tentunya tidak akan ada batasan jarak untuk teknologi ini.
5. Karena software tanpa hardware tidak akan ada, lalu kita akan menggunakan software dengan cara bagaimana jika tanpa adanya hardware? Software bisa bekerja dengan baik karena adanya driver, driver dalam bahasa inggris berarti pengendara. Tentunya Driver bisa menjalankan perintah antara hardware dengan software, driver akan mengenalkan hardware yang baru ke komputer dan akan bekerja sama dengan baik.
6. Karena aplikasi tanpa database tidak akan memiliki ruang penyimpan data. Data yang disimpan didalam database akan tersimpan lebih aman dan terstruktur.
7. Disaat kita akan merakit sebuah komputer kondisi inilah ketika kita akan memasang perangkat peripheral/ tambahan. 
  • Kita harus memiliki suatu perangkat sound card atau mixer bila ingin merakit komputer yang digunakan untuk studio rekaman atau studio musik.
  • Kita harus memiliki kartu jaringan/ LAN Card/ WiFi Adapter jika kita ingin merakit suatu komputer yang terhubung ke jaringan internet.
  • Kita harus memiliki VGA Card jika kita menginginkan untuk merakit komputer yang memiliki fasilitas grafis yang berkekuatan tinggi yang bisa digunakan untuk video editing atau PC Game.
 

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com.com